Profil dan Biografi Erick Thohir “Pemilik Klub Inter Milan Asal Indonesia”

  Profil Lengkap Erick Thohir  

Profil dan Biografi Erick Thohir “Pemilik Klub Inter Milan Asal Indonesia”
Nama : Erick Thohir

Tempat Lahir : Jakarta

Tanggal Lahir : 30 Mei 1970

Zodiak : Gemini

Kewarganegaraan : Indonesia

Profesi : Pengusaha

Agama : Islam

Istri : Elizabeth Chandra

Ayah : Teddy Thohir

ADVERTISEMENT

  Biografi Lengkap Erick Thohir  

Siapa sih yang tidak kenal sama bung Erick Thohir? Seorang pebisnis sekaligus olahragawan asal Indonesia. Awalnya banyak yang belum mengetahui pengusaha yang satu ini. Namanya kemudian melambung saat ia dijadikan bahan perbincangan dikalangan para pecinta sepak bola. Pada tahun 2013, ia berdiskusi dan membeli klub Inter Milan di Italia dari pemilik sebelumnya yang bernama Massimo Moratti. Dalam artikel ini akan mengulas kembali tentang biografi Erick Thohir, agar para pembaca bisa mengetahui lebih jelas kembali siapa sosok tokoh pengusaha sekaligus olahragawan yang satu ini.

Dalam biografi Erick Thohir, tanggal 30 Mei 1970 ia lahir di Jakarta. Asal keluarganya memang asli keluarga pengusaha. Akan tetapi keluarganya tidak menginginkan kalau ia mengelola perusahaan dari keluarganya. Teddy Thohir adalah nama ayahnya, ia juga mempunyai saudara perempuan dan laki-laki yang bernama Rika dan Boy Thohir. Ayah Erick adalah seorang pengusaha serta pemilik Grup Astra Internasional bersama dengan temannya yaitu William Soeryadjaya. Riwayat perjalanan Erick dalam menempuh pendidikan sarjananya, ia belajar di Glendale University, lalu melanjutkan Masternya di bidang Administrasi Bisnis yaitu di Universitas Nasional California, dan ia pun mendapatkan gelar masternya di tahun 1993.

Setelah ia kembali ke Indonesia, ia bersama dengan teman-temannya seperti R. Harry Zulnardy, Muhammad Lutfi, dan Wisnu Wardhana bersama-sama mendirikan sebuah perusahaan bernama Mahaka Group. Ia sangat tertarik dengan dunia bisnis media, di tahun 2001 perusahaannya kemudian membeli Republika yang pada saat itu sedang mengalami kebangkrutan. Karena pengalamannya yang masih minim, kemudian ia diajari dan dibimbing oleh ayahnya, serta mendapat bimbingan oleh sahabat ayahnya yaitu Jakob Oetama dari media Kompas serta Dahlan Iskan yaitu bos dari media Jawa Pos. Pada tanggal 30 Juni 2008, ia kemudian menjadi seorang Presiden Direktur di perusahaan PT Mahaka Media, lalu menjabat Komisioner sejak bulan Juni 2010 sampai sekarang ini. Dalam biografi Erick Thohir, perusahaan PT Mahaka Group yang ia dirikan, dapat membeli sebuah media Harian Indonesia yang lalu diterbitkan ulang olehnya. Nama terbitan ulang tersebut adalah Sin Chew-Harian Indonesia. Editorial dan pengelolaannya dari Media Sin Chew Corporation Berhad yang berbasis Kuala Lumpur, Negara Malaysia. Media Sin Chew Corporation Berhad lalu dikelola oleh PT Emas Dua Ribu, yaitu sebuah mitra perusahaan dari Mahaka Media. Dalam perjalanan hidupnya, ia juga menjabat sebagai seorang Ketua di Komite Konten dan Industri Aplikasi dibagian Kamar Dagang Industri (KADIN). Tahun 2009, Mahaka lalu mengalami perkembangan yang sangat pesat di dunia media dan telah menguasai Parent Indonesia, majalah a+ dan Golf Digest. Sementara bisnis dibagian media surat kabar, Mahaka juga memiliki Republika dan media Sin Chew Indonesia. Sedangkan di media Stasiun TV, Mahaka memiliki JakTV, sebuah stasiun radio bernama GEN 98.7 FM, stasiun radio Prambors FM, stasiun radio FeMale Radio dan stasiun radio Delta FM. Selain itu, Mahaka juga memiliki sebuah usaha di bidang jual beli tiket, periklanan dan desain dibagian situs web. Erick juga sebagai pendiri dari sebuah organisasi amal yang bernama “Darma Bakti Mahaka Foundation” dan “Dompet Dhuafa Republika” serta menjadi seorang Presiden dari Direktur di VIVA Grup serta Beyond Media.


Selain sebagai pengusaha ia juga terkenal sebagai olahragawan yang sangat mencintai sepak bola. Kemudian Erick mendirikan sebuah klub sepak bola Basket yang bernama Mahaka Satria Muda Jakarta serta Mahaputri Jakarta. Erick juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum dari PERBASI pada periode tahun 2006 sampai 2010. Kemudian menjabat sebagai seorang Presiden dari Asosiasi sebuah Bola Basket di Asia Tenggara (SEABA) selama dua kali lamanya, yaitu tepatnya pada periode tahun 2006-2010 dan 2010-2014. Tahun 2012, ia di percaya sebagai komando untuk Olimpiade Kontingen Indonesia di London. Ia bersama dengan Levien juga menjadi pemilik saham dari sebuah klub di D.C.United. Klub D.C adalah klub sepak bola professional asal dari Amerika Serikat yang memang berbasis di Negara Washington, DC. Dengan adanya transaksi tersebut, membuat Erick menjadi terkenal dan menjadikannya sebagai orang Asia pertama yang memiliki sebuah Tim Basket NBA setelah dirinya membeli saham dari pemilik sebelumnya, yaitu Philadelphia 76ers. Lalu di tahun 2013, ia membuat trobosan dengan membeli saham sebesar 70% dari sebuah klub sepak bola asal Italia yang bernama Inter Milan dari pemilik sebelumnya yaitu Massimo Morrati dengan jumlah harganya sebesar 350 juta euro yang setara dengan Rp 5.3 trilliun. Lewat transaksi tersebut, ia menjadi pemilik klub sepak bola besar di Negara Eropa. Kepemilikannya atas Milan, menambah daftar nama Erick menjadi salah satu nama dalam daftar pengusaha di Negara berkembang dan berhasil memecah rekor serta mengakuisisi klub sepak bola yang popular di dunia. Hari jumat, pada tanggal 15 November 2013, nama Erick Thohir secara resmi menjabat sebagai seorang presiden di sebuah klub Inter Milan yang baru.

Itulah ulasan sedikit tentang profil dan biografi Erick Thohir tokoh pengusaha muda asli Indonesia dan juga pemilik klub sepak bola Inter Milan yang sempat ProfilPedia.com hadirkan kepada pembaca. Semoga dengan hadirnya profil diatas dapat membantu anda dalam mengenal lebih dalam sosok Erick Thohir.
Seluruh profil dan biografi yang ada pada situs ini di sadur dari berbagai sumber. Kami berusaha untuk memberikan informasi yang disampaikan seakurat dan benar, Kami memohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, Mohon untuk menghubungi kami melalui halaman Hubungi Kami atau melalui kotak komentar yang tersedia.
Loading...

0 Komentar untuk "Profil dan Biografi Erick Thohir “Pemilik Klub Inter Milan Asal Indonesia”"

Post a Comment