Biografi Gus Nuril Sang Kyai Pancasilais


Biografi Gus Nuril - Gus Nuril adalah seorang pembela Gus Dur yang setia. Dulu ketika Gus Dur Presiden Republik Indonesia yang ke 4 dikabarkan akan di lengserkan dari jabatannya, salah satu pembela Gus Dur yang terdepan adalah KH Dr. Nuril Arifin atau yang biasa lebih akrab dengan Gus Nuril. Waktu Itu Gus Nuril mampu memimpin sekitar 250 ribu orang yang menjadi satu dalam persatuan PASUKAN BERANI MATI dan pasukan ini siap mengamankan Istana Negara .


Sepak Terjang Gus Nuril Hingga Sekarang



Seandainya Gus Dur memperbolehkan pasti waktu itu akan terjadi penumpahan darah yang dahsyat di sekitar Istana Negara tersebut akan tetapi berkat kebesaran hati dari Gus dur, Ia tidak mengizinkan hal tersebut terjadi dan akhirnya Gus Dur lebih memilih benar-benar di lengserkan. Dari kejadian ini sosok Gus Nuril tidak mneyimpan dendam kepada tokoh nasional yang berhasil melengserkan Gus Dur akan tetapi menurut beberapa sumber, ada suatu keganjilan diantara Gus Nuril dengan Amin Rais, karena Amin adalah salah satu tokoh penyebab di lengserkannya Gus Dur.

Suatu hari ketika Gus Nuril sedang  menjalankan aktivitasnya yaitu memimpin pondok Pesantren Soko Tunggal, tidak disangka Amin Rais datang ke Pondok Pesantren tersebut dengan maksud untuk Menunjukan Kepada Semua Masyarakat Bahwa Telah Terjadi Rekonsiliasi  Di Antara Dua Tokoh Kontroversial tersebut.

Pondok Pesantren  Soko Tunggal memang salah satu pondok yang unik karena di dalamnya tidak hanya orang yang Beragama Islam saja yang tinggal di pondok tersebut bahkan ada juga Agama Kristen, Budha, Kong Hu Cu, Hindu, dan beberapa aliran kepercayaan yang lain. Santri yang mondok di Gus Nuril sangat disegani dan ditakuti oleh orang orang islam yang berkelompok radikal. Pesantren yang di pimpin Gus Nuril dinamakan dengan pesantren pancasila. Gus Nuril juga menawarkan kepada orang orang non muslim untuk membangun tempat ibadahnya masing-masing di tanahnya.

Santri Gus Nuril sendiri datang dari berbagai tempat  antara Lain Jawa, Manado, Cina, Sunda, dan masih banyak lagi yang lain. Keadaan seperti ini tentu saja suatu kondisi yang sesuai dengan yang diajarkan oleh Gus Dur Dan Gus Nuril adalah salah satu aplikatornya. Karena visi misi dari gus nuril adalah mengejawantahkan Bhineka Tunggal Ika yaitu demi keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

Pernah suatu hari Gus Nuril mengalami  kontroversi dengan ulama’ besar Habib Ali Bin Husein Assegaf ketika itu Gus Nuril  berceramah tentang pentingnya kesatuan Bangsa Indonesia dan penguatan ahlisunnah waljama’ah di Indonesia dengan semangatnya. Dan ada beberapa lagi materi yang disampaikan oleh Gus Nuril ini, kemudian di tengah tengah cerahmahnya Habib Ali merasa bahwa ceramah yang dibawakan oleh Gus Nuril ini ada yang menyeleneh sedikit akhirnya Habib Syekh mencoba untuk menghentikan ceramah Gus Nuril secara sopan dan lembut.  Dan ada beberapa lagi pengalaman pengalaman yang di alami oleh Gus Nuril entah itu baik ataupun bukan.
Seluruh profil dan biografi yang ada pada situs ini di sadur dari berbagai sumber. Kami berusaha untuk memberikan informasi yang disampaikan seakurat dan benar, Kami memohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, Mohon untuk menghubungi kami melalui halaman Hubungi Kami atau melalui kotak komentar yang tersedia.
Loading...

0 Komentar untuk " Biografi Gus Nuril Sang Kyai Pancasilais"

Post a Comment