Biografi Ibnu Sina Sang Bapak Kedokteran


Biografi Ibnu Sina - Ibnu Sina adalah seseorang yang biasa disebut dengan bapak Pengobatan Modern karena beliau adalah seorang ilmuwan yang  memiliki pemikiran yang cerdas yang didasari dengan ilmu kedokteran yang modern pula. Ibnu Sina lahir pada tahun 980 M di Afsyahnah daerah dekat dengan Bukhara. Ibnu Sina lahir pada zaman yang bisa dikatakan zaman keemasan Peradaban Islam sehingga beliau juga disebut sebagai tokoh islam yang mendunia. Disaat usianya masih tergolong Muda, Ibnu Sina mampu memahami beberapa ilmu dan menguasai beberapa bidang dengan cepat.

Biografi Ibnu Sina Sang Bapak Kedokteran

Perjalanan Hidup Sang Bapak Kedokteran Ibnu Sina 



Dulu ketika Ibnu Sina masih kecil Ibnu Sina yang berasal dari keluarga yang beradab  Islamiyah sudah sedikit menguasai pembahasan pembahasan tentang ilmiah karena selalu disampaikan oleh Ayahnya, Ibnu Sina adalah seseorang yang terkenal sangat cerdas dan selalu menonjol dibandingkan dengan teman teman nya, dan karena kecerdasannya tersebut seorang guru memberi pesan kepada ayah Ibnu Sina bahwa Ibnu Sina jangan sampai terjun ke dalam pekerjaan apapun dan dilebihkan untuk terus menimba ilmu saja. Ibnu Sina bagaikan bintang yang gemerlapan dan mampu memancarkan cahaya nya sendiri.

Sekitar tahun 366 sampai 387 Hijriyah Ibnu Sina sudah menjadi dokter terkenal bahkan sampai Raja Bukhara Nuh Bin Mansur meminta untuk diobati hanya dengan Ibnu Sina. Karena raja yakin bahwa berobat di ibnu sina tidak akan salah. Ilmu yang dikuasai ibnu sina antara lain adalah ilmu hikmah, mantiq, dan matematika dengan berbagai cabangnya. Ibnu sina juga sibuk di pentas politik di istana mansur, raja dinasti Samani, juga kedudukannya sebagai menteri di pemerintahan Abu Tahir Syamsud Daulah Deilami juga konflik politik yang terjadi akibat perebutan kekuasaan.

Ketika Ibnu Sina hidup di istana, ia hidup dengan tenang dan dengan mudah mendapatkan  buku yang dia inginkan. Disana, Ibnu Sina menyibukan dirinya dengan menulis kitab yang berjudul Qanun dalam ilmu kedokteran dan menulis Ensiklopedia Filsafat dengan nama Kitab Al-Syifa’. Ketika Ibnu Sina sedang bepergian, ia sering menulis di buku -buku kecil yang biasa disebut dengan Risalah, bahkan ketika dipenjara Ibnu Sina sering menggunakan waktunya untuk mengubah bait bait syairnya dengan bahasa yang indah.

Dalam ilmu kedokteran Ibnu Sina menulis kitab Al Qanun dan kitab ini menjadi rujukan pertama masyarakat pada beberapa abad karena membahas tentang kaedah ilmu. Ibnu Sina juga memiliki peran besar dalam berbagai bidang keilmuwan ia berhasil menerjemahkan karya Aqlides dan menjalankan Observatotium ilmu perbintangan. Di bidang energi, ibnu sina memberikan pendapatnya tentang ruang hampa cahaya, panas dan lain lain.

Kekuatan berfikir logika Ibnu Sina tidak diragukan lagi, sudah banyak teori matematika, kedokteran, dan proses pengobatan yang diikutinya. Selain cerdas dan jenius Ibnu Sina mampu menjadi salah satu tokoh besar dalam Dunia Islam yang banyak diikuti masyarakat.
Seluruh profil dan biografi yang ada pada situs ini di sadur dari berbagai sumber. Kami berusaha untuk memberikan informasi yang disampaikan seakurat dan benar, Kami memohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, Mohon untuk menghubungi kami melalui halaman Hubungi Kami atau melalui kotak komentar yang tersedia.
Loading...

0 Komentar untuk "Biografi Ibnu Sina Sang Bapak Kedokteran"

Post a Comment