Profil dan Biografi Mohammad Nuh

Profil Mohammad Nuh

Nama LengkapProf. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA
Nama Panggilan : Bapak Nuh
Tempat LahirSurabaya, Jawa Timur
Tanggal Lahir17 Juni 1959
Istridrg.Laily Rahmawati
AnakRachma Rizqina Mardhotillah
Agama : Islam
Zodiak : Gemini

Biografi Mohammad Nuh



Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA atau yang dikenal Mohammad Nuh merupakan Mantan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia sejak 22 Oktober 2009. Beliau lahir di Surabaya, Jawa Timur, 17 Juni 1959. Sebelumnya ia menjabat sebagai rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya periode tahun 2003–2006 dan Menteri Komunikasi dan Informatika (2007–2009).

Mohammad Nuh adalah anak ketiga dari 10 bersaudara. Ayahnya adalah pendiri Pondok Pesantren Gununganyar Surabaya. M Nuh tumbuh dalam lingkungan yang relijius. Pada tahun 1983 Nuh lulus dari studinya di Jurusan Teknik Elektro ITS dan mendapatkan gelar sarjana Insinyur. Lalu ia meneruskan studinya S2 dan S3 di Universite Science et Technique du Languedoc Montpellier, Prancis.

Nuh memiliki istri seorang dokter gigi bernama drg.Laily Rahmawati yang menjabat sebagai Kepala Unit Rawat Jalan RS Islam Surabaya dan seorang anak bernama Rachma Rizqina Mardhotillah yang saat ini masih aktif kuliah di ITS.

Pada tahun 1997, Mohammad Nuh diangkat menjadi direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS. Berkat lobi dan kepemimpinannya, PENS menjadi rekanan tepercaya Japan Industrial Cooperation Agency (JICA) sejak tahun 1990. Pada tanggal 15 Februari 2003, Mohammad Nuh dikukuhkan sebagai rektor ITS. Pada tahun yang sama, Nuh dikukuhkan sebagai guru besar (profesor) bidang ilmu Digital Control System dengan spesialisasi Sistem Rekayasa Biomedika. Ia adalah rektor termuda dalam sejarah ITS, yakni berusia 42 tahun saat menjabat. Semasa menjabat sebagai rektor, ia menulis buku berjudul Startegi dan Arah Kebijakan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (disingkat Indonesia-SAKTI).

Selain sebagai rektor, Mohammad Nuh juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jawa Timur, Pengurus PCNU Surabaya, Sekretaris Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya, Anggota Pengurus Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya, serta Ketua Yayasan Pendidikan Al Islah Surabaya. Muhammad Nuh juga dikenal sebagai seorang Kiayi, sering memberi ceramah dan khutbah jumat di berbagai masjid di Surabaya dan dikenal sebagai Ulama.

Pada tanggal 5 Mei 2007 Nuh ditelpon oleh staff Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menemui presiden di Puri Cikeas, Bogor. Ia telah menduga akan dipercaya masuk kabinet setelah berbincang dengan Presiden untuk membahas seputar teknologi dan informasi. Setelah pengumuman reshuffle kabinet yang disampaikan Presiden SBY, Senin 7 Mei 2007 Nuh langsung merencanakan untuk tidak mengubah banyak namun ingin menyatukan semua informasi dari setiap departemen dengan konsep information bridge.

Lalu pada tahun 2009 – 2014 Nuh menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang diteruskan oleh Anies Baswedan. Setelah pensiun dari menteri, Nuh kembali ke kampus Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya dan mengajar jurusan Teknik Elektro. Nuh juga akan berkontribusi untuk menghasilkan beberapa karya penelitian yang berguna untuk masyarakat.

PENDIDIKAN

  • 1990 : S3 Jurusan Signaux et System, Universite Science et Technique du Languedoc Montpellier Prancis..
  • 1987 : S2 Jurusan Signaux et System, Universite Science et Technique du Languedoc Montpellier Prancis.
  • 1983 : Fakultas Teknik Elektro ITS.

KARIR

  • Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (2009-2014).
  • Menteri Komunikasi dan Informasi,
  • Rektor ITS, 2003-2006.
  • Guru Besar ITS, 2004.
  • Direktur Politeknik Negeri Surabaya ITS, 1997-2003.
  • Ketua Jurusan Teknik Elekronika, Politeknik Negeri Surabaya ITS, 1992-1993.
Demikian profil singkat Mohammad Nuh yang sempat profilpedia.com hadirkan kepada pembaca. Semoga bermanfaat.
Seluruh profil dan biografi yang ada pada situs ini di sadur dari berbagai sumber. Kami berusaha untuk memberikan informasi yang disampaikan seakurat dan benar, Kami memohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, Mohon untuk menghubungi kami melalui halaman Hubungi Kami atau melalui kotak komentar yang tersedia.
Loading...

0 Komentar untuk "Profil dan Biografi Mohammad Nuh"

Post a Comment