Profil dan Biografi Sony Sugema Sosok Pengusaha Bimbel Indonesia

Profil Sony Sugema


Nama Lengkap      : Sony Sugema
Nama Panggilan    : Sony
Tempat Lahir         : Bandung
Tanggal Lahir        : 7 Februari 1965
Istri                        : Siti Romlah
Zodiak                    : Aquarius
Karier                     : Pengusaha bimbel

Biografi Sony Sugema



Sony Sugema merupakan sosok pengusaha yang telah meluluskan 618 orang siswanya ke ITB. Sony Sugema mengawali karirnya sebagai pengajar privat ketika duduk di kelas dua SMU Negeri 3 Bandung saat berusia 15 tahun. Setelah ayahnya meninggal dunia Sony harus bekerja untuk menghidupi ibu dan keempat adiknya. Kemudian Sony memberi les privat kepada teman-teman sekelasnya. Sony dipercaya teman-temannya untuk mengajar sebab ia memang dikenal sebagai pribadi yang cerdas. Semenjak mulai mengajar teman-temannya, Sony mulai ketagihan mengajar dan tertarik dengan dunia pendidikan.

Tahun 1982, Sony masuk jurusan Teknik Sipil di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ketika dia masih tingkat satu, Sony memutuskan untuk menikah. Setelah menikah, Sony merasa kebutuhannya semakin banyak. Untuk menambah penghasilan, dia memutuskan untuk menjadi guru di SMU Angkasa Bandung. Disana, Sony hanya mengajar matematika, fisika dan kimia.

Setelah itu, Sony bekerja sebagai pengajar di beberapa bimbingan belajar. Pada tahun 1990 Sony memutuskan untuk membuka bimbingan belajar sendiri. Inilah awal berdirinya Sony Sugema College (SSC) di Jalan Dipatiukur. Modal pendirian bimbel ini hanya Rp 1,5 juta, yang diperoleh dari pembayaran royalti buku tentang pembahasan soal-soal UMPTN yang setiap tahun selalu diperbaharuinya. 

Awalnya murid bimbingan belajar tidak sampai 200 orang dan Sony adalah pengajar tunggal. Uang sebesar Rp 1,5 juta lalu digunakannya setengahnya untuk menyewa ruangan tempat belajar dan sisanya untuk membayar gaji karyawan. Awalnya lembaga ini hanya mengkhususkan untuk bimbingan belajar intensif untuk siswa yang menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri .
Perlahan, Sony merasa bahwa dirinya terlalu sibuk bekerja sendiri. Akhirnya, dia meminta bantuan teman-temannya dari UNPAD, ITB dan IKIP (sekarang UPI) untuk membantunya di bimbingan belajar tersebut.

Tahun 1991, dia membuka cabang di Jakarta dan dilanjutkan cabang lain di seluruh Indonesia. Lembaga bimbingan belajar ini berhasil meluluskan 618 orang siswanya ke ITB. Jumlah ini menunjukkan hampir separuh mahasiswa ITB merupakan lulusan SSC.

Menurut Sony yang membedakan SSC dengan bimbingan belajar lain adalah dua sistem pengajarannya yang berbeda. Sistem yang pertama yaitu the fastest solution, adalah menciptakan sistem penyelesaian soal dengan cepat. Sistem yang kedua yaitu learning is fun. Dengan metode ini, kata Sony, siswa akan lebih bersemangat dan termotivasi untuk mempelajari pelajaran-pelajaran yang selama ini dianggap menakutkan seperti fisika dan matematika.

Tidak heran jika dia menerima penghargaan dari ITB sebagai Penghargaan Alumni ITB Berprestasi tahun 2002. Sebelumnya, Sony memperoleh penghargaan 50 Enterprise Semangat Wirausaha Indonesia dari majalah SWA dan Accenture dan penghargaan Citra Top Executive Indonesia tahun 1997 dan. Ulet dan berkemauan keras memang salah satu prinsip hidupnya. Hasilnya adalah kesuksesan di usia muda.

Demikian profil singkat Sony Sugema yang sempat profilpedia.com hadirkan kepada pembaca. Semoga bermanfaat.
Seluruh profil dan biografi yang ada pada situs ini di sadur dari berbagai sumber. Kami berusaha untuk memberikan informasi yang disampaikan seakurat dan benar, Kami memohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, Mohon untuk menghubungi kami melalui halaman Hubungi Kami atau melalui kotak komentar yang tersedia.
Loading...

0 Komentar untuk "Profil dan Biografi Sony Sugema Sosok Pengusaha Bimbel Indonesia "

Post a Comment