Biografi Anthony Van Leeuwenhoek Sosok ilmuwan yang dikenal Sebagai Bapak Biologi

Profil Anthony Van Leeuwenhoek
Biografi Anthony Van Leeuwenhoek Sosok ilmuwan yang dikenal Sebagai Bapak Biologi
Nama Antonie Philips van Leeuwenhoek
Tanggal lahir 24 Oktober 1632
Lahir di Delft, Belanda
Meninggal 26 Agustus 1723 (umur 90)
Zodiak Virgo
Kewarganegaraan Belanda
Profesi ahli mikroskop dan biolog
Terkenal sejak Menemukan protozoa
Deskripsi sel darah merah pertama


ProfilPedia.com - Anthony Van Leeuwenhoek merupakan seorang ilmuan asal Belanda. Selain terkenal karena penemuannya di dunia mikrobiologi, pria yang lahir pada tanggal 24 Oktober 1632 yang lalu ini juga berprofesi sebagai seorang pedang. Leeuwenhoek adalah orang yang pertama kali memiliki minat terhadap dunia mikrobiologi hingga menekuninya selama bertahun-tahun. Akibat kontribusinya terhadap dunia mikrobiologi maka ia dikenal sebagai “Bapak Mikrobiologi”

Kisah hidup Anthony Van Leeuwenhoek

Ilmuan yang lahir di Belanda ini sejak remaja sudah bekerja sebagai pedagang kain, bahkan ia berhasil mendirikan sebuah tokoh di Kota Delft pada tahun1654. Leeuwenhoek adalah orang pertama yang melakukan pengamatan terhadap organisme bersel tunggal melalui sebuah mikroskop hasil buatan tangan. Dari pengamatannya ini ia berhasil merekam dan mendeskripsikan jaringan-jaringan pada serat otot, bakteri dan juga aliran darah pada pembuluh kapiler manusia.

Awal Karir dan Kehidupan Anthony Van Leeuwenhoek.



Anthony Van Leeuwenhoek adalah anak dari seorang pembuat dan pedagang keranjang yang meninggal dunia ketika ia masih berusia 5 tahun. Pria yang merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara ini pernah bersekolah di dekat Leyden. Namun, masa sekolahnya di tempat itu tidak berlangsung lama karena ia harus segera pindah ke Benthuzein dimana tempat pamannya bekerja sebagai seorang pengacara.

Barbara de May adalah istri dari ilmuan terkenal ini. Mereka menikah pada bulan Juli 1654. Dari buah pernikahannya itu hadirlah seorang anak perempuan yang bernama Maria. Namun, hanya berselang 12 tahun dari kehadiran si buah hati, Barbara meninggal dunia. Pada masa itu Antony bekerja sebagai seorang bendahara di salah satu ruang perakitan di Belanda hingga 40 tahun lamanya. Pada tahun 1669 ia berganti profesi menjadi seorang surveyor di pengadilan negeri Belanda.

Penemuan Lensa Optik Anthony Van Leeuwenhoek

Ilmuan yang wafat pada tahun 1723 yang lalu ini memiliki kemampuan yang luar biasa di dunia mirobiologi. Kendati mikroskop sudah ada sebelum ia dilahirkan ke dunia ini,ia tetap tidak ingin menggunakan mikroskop tersebut. Ia tetap berusaha membuat ide yang baru untuk mengembangkan kemampuan dari mikroskop yang ada dengan menggunakan lensa buatannya. Ia mengasah sebuah lensa kecil dengan cermat dan teliti. Akhirnya ia pun berhasil menciptakan sebuah mikroskop yang memiliki kemampuan pengamatan yang jauh lebih baik dari pada mikroskop yang terdahulu.

Dari hasil penemuannya tersebut, Anthony Van Leeuwenhoek pun memproduksi sekurangnya 25 mikroskop dengan berbagai jenis yang memiliki kemampuan pembesaran hingga 250 kali. Namun, dari semua itu yang dapat bertahan hanya sebanyak 9 unit. Selain itu, ia juga menciptakan sebanyak 500 unit lensa optic dari hasil tangannya sendiri.

Anthony Van Leeuwenhoek bukanlah seorang yang mudah puas dengan hasil yang telah diperolehnya bahkan ia juga berhasil membuat perbesaran mikroskop hingga 500 kali. Masih banyak penelitian lain yang dihasilkannya, satu diantaranya yaitu penelitiannya terhadap sel-sel bakteri.
Seluruh profil dan biografi yang ada pada situs ini di sadur dari berbagai sumber. Kami berusaha untuk memberikan informasi yang disampaikan seakurat dan benar, Kami memohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, Mohon untuk menghubungi kami melalui halaman Hubungi Kami atau melalui kotak komentar yang tersedia.
Loading...

0 Komentar untuk "Biografi Anthony Van Leeuwenhoek Sosok ilmuwan yang dikenal Sebagai Bapak Biologi"

Post a Comment