Biografi Galileo Galilei Si Penemu Teleskop | Tokoh Ilmuwan Dunia



Profil Galileo Galilei
Biografi Galileo Galilei Si Penemu Teleskop | Tokoh Ilmuwan Dunia
Nama Galileo Galilei
Tanggal lahir 15 Februari 1564
Lahir di Pisa, Toscana - Italia
Meninggal 8 Januari 1642 (umur 77)
Arcetri, Toscana - Italia
Zodiak Aquarius
Kebangsaan Italia
Profesi Astronomi, Fisika dan Matematika
Ayah Vincenzo Galilei
Ibu Giulia Ammannati
Institusi Universitas Padua
Alma mater Universitas Pisa
Terkenal karena Kinematika
Teleskop
Tata surya
ProfilPedia.com - Galileo Galilei adalah seorang ilmuan yang berasal dari salah satu negara besar di Eropa yaitu Italia. Dalam perjalanannya ia dikenal sebagai ilmuan yang paling berkontribusi dalam perkembangan dunia sains. Selain sebagai seorang ilmuan ia juga dikenal sebagai ahli astronomi atau astronom dunia, fisikawan dan juga seorang filsuf.

Kisah Hidup Galileo Galilei

Galileo merupakan seorang ilmuan yang dilahirkan kota pisa, Tuscany pada tanggal 15 Februari 1564. Ia merupakan anak pertama dari pasangan Vincensi Galilei dan Giulia Ammannati. Ayahnya merupakan seorang matematikawan dan musisi yang berasal dari Florence. Sejak kecil ilmuan cerdas ini sudah dididik oleh sang ayah, ia bahkan pernah bersekolah di Universitas Pisa yang kemudian dinyatakan berhenti karena permasalahan ekonomi.

Kecerdasan Galileo Galilei memang tidak dapat dipungkuri, dengan kecerdasannya ini ia bahkan ditawari untuk bekerja sebagai tenaga pengajar matematika di Universitas Pisa, tempatnya belajar dulu. Pada tahun 1610 ia pindah ke Universitas Padua. Disana ia bekerja sebagai dosen geometri, mekanika, dan astronomi. Semenjak itulah Galilei mulai mendalami astronomi dan sains serta merancang berbagai penemuan.

Galileo dan Teori Pergerakan Bumi



Galileo Galilei memiliki ketertarikan yang sangat luar biasa terhadap dunia astronomi, ia pernah bergabung dengan Accademia La Lincei untuk melakukan pengamatan terhadap bintik matahari pada tahun 1612. Fisikawan asal Italia ini adalah salah satu pendukung kuat teori pergerakan bumi yang dikemukakan oleh Nicolaus Corpenicus yang mengatakan bahwa bumi itu adalah bulat dan berevolusi mengelilingi matahari yang merupakan pusat dari tata surya kita. Namun pada tahun 1614, gereja melakukan penolakan terhadap teori yang didukung oleh Galileo tersebut. Menurut gereja bumi adalah datar dan bumi adalah pusat dari alam semesta. Akibat dari penolakan ini ia sempat melarikan diri ke Roma untuk menghindari penangkapan terhadap dirinya. Sebab pada saat itu gereja melarang siapapun untuk percaya dan mendukung teori Corpenicus.

Ilmuan dan juga seorang filsuf yang dikenal sebagai “Bapak Fisika Modern” dan juga “Bapak Sains Modern” ini sempat menulis sebuah buku yang berjudul Dialogo sopra i due massimi sistemi del mondo. Demi bisa menerbitkan buku ini, ia rela kembali ke Roma untuk membuat perizinan. Buku ini pun akhirnya berhasil diterbitkan di Florence. Sayangnya, hal ini tidak bertahan lama. Dalam tahun yang sama ia pun dinyatakan bersalah oleh pihak gereja dan ditahan di Siena.

Galileo dan Teleskopnya

Galieo Galilei bukanlah penemu teleskop seperti yang dipercaya oleh sebagian orang. Tetapi ia adalah penyempurna dari teleskop yang pernah ada sebelumnya. Ia lah yang pertama kali menggunakan teleskop untuk pengamatan benda langit di luar angkasa. Pada masa itu tidak banyak orang yang bisa membuat alat secanggih itu. Teleskop yang dibuatnya pertama kalinya ini adalah hasil dari deskripsi teleskop yang terdapat di Belanda. Awalnya perbesaran yang dapat dilakukan oleh teleskopnya itu hanya sebesar 2 kali. Namun karena ketekunannya, ia berhasil menciptakan teleskop hingga memiliki kemampuan perbesaran 32 kali dan untuk pertama kalinya digunakan di dunia pelayaran.
Seluruh profil dan biografi yang ada pada situs ini di sadur dari berbagai sumber. Kami berusaha untuk memberikan informasi yang disampaikan seakurat dan benar, Kami memohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, Mohon untuk menghubungi kami melalui halaman Hubungi Kami atau melalui kotak komentar yang tersedia.
Loading...

0 Komentar untuk "Biografi Galileo Galilei Si Penemu Teleskop | Tokoh Ilmuwan Dunia"

Post a Comment