Biografi Archandra Tahar - Menteri dengan Masa Kerja Terpendek dalam Sejarah di Indonesia

Profil Archandra Tahar
Biografi Archandra Tahar - Menteri dengan Masa Kerja Terpendek dalam Sejarah di Indonesia
Nama Ir. Arcandra Tahar, M.Sc., Ph.D.
Tanggal lahir 10 Oktober 1970
Lahir di Padang, Sumatera Barat
Zodiak Isi
Kebangsaan Indonesia
Agama Islam
Profesi Insinyur
Anak 2
Ayah Taharuddin
Ibu Zuraida
ProfilPedia.com - Kali ini kita akan bahas lengkap mengenai biografi Archandra Tahar menteri ESDM menggantikan Sudirman Said dengan masa jabatan yang sangat singkat selama 20 hari saja yaitu dari 27 Juli 2016 – 15 Agustus 2016. Pedeknya masa jabatan Archanda bukan karena pria berusia 46 tahun ini tersangkut kasus korupsi namun karena masalah kewarganegaraan ganda yang ditujukan kepadanya saat itu, padahal Ia mengaku bahwa masuk ke Indonesia dengan paspor resmi yang masa aktifnya baru habis di tahun 2017, namun hal tersebut tidak bisa ditoleransi, sehingga Presiden Jokowi melepas jabatannya tersebut. Padahal Archandra sudah pernah mengungkapkan bahwa dirinya akan berupaya memanfaatkan teknologi untuk kebutuhan gas bumi dan minyak di Indonesia yang terus menurun dari hari ke hari berdasarkan pengalaman yang dimililikinya. Selain itu, sumber daya manusia yang tepat akan mampu mengembangkan perusahan-perusahan minyak dan gas bumi. Hal ketiga yang diungkapkan oleh Archandra setelah dilantik menjadi menteri ESDM saat itu adalah akan memastikan prosesnya berjalan dengan baik. Tiga hal yang diungkapkannya tersebut akan menjadi kunci meningkatnya produksi baik dari produkbatu bara, kelistrikan, mineral, gas buru hingga energi terbarukan lainnya.

Biografi Archandra Tahar

Dr Archandra adalah orang yang sangat cerdas, hal itu terbukti dari beberapa jabatan yang pernah diembannya, yaitu Presiden di perusahaan Petroneering Houston Texas Amerika. Ia mendapat jabatan di perusahan minyak dan energi ini sejak oktober 2013 silam. Selain itu, pria berumur 45 tahun ini juga pernah menjadi Principal Horton Wison Deepwater Inc selama 4 tahun yaitu Oktober 2009 sampai Oktober 2013. Doktor lulusan Amerika ini juga penah bekerja di Hydrodynamics Lead Floa TEC LLC, AGR Deepwater Development System Inc dan masih banyak lagi perusahaan nternasional yang pernah menggunakan jasanya. Biografi Archandra Tahar kali ini juga akan membahas latar belakang pendidikannya. Gelar sarjana seorang Archandra berasal dari Institut Teknologi Bogor jurusan Teknik mesin. Tidak puas sampai disitu, Ia ingin melanjutkan pendidikan S2 namun terkendala biaya, akan tetapi, tekat dan keinginannya kuat sehingga Arcandra memutuskan untuk bekerja dulu di Andersen Consulting demi mengumpulkan uang agar bisa melanjutkan pendidikan masternya. Pria kelahiran Sumatra Barat ini berhasil menembus A & M University Amerika Texas untuk menempuh S2 nya, setelah lulus s2, Ia melanjutkan program Doktornya di kampus yang sama.

Kemampuan Archandra tidak perlu diragukan lagi, dalam Biografi Archandra Tahar ini kita akan mengulas keahliannya secara lengkap yaitu Ia memiliki kemampuan di bidang Wave Basic Model Testing. FPSO analysis, Mooring Design and analysis, Offshore Fils Measure, Product Development, Riser Design and Analysis, Deepwater Platform Design and Analysis (Spar, TLP and Semisubmersible), Naval Architecture, Shallow Water Platform Design and Analysis (Buoyant Tower), Asset Integrity Management, Hydrodynamics, Wave Energy, Offshore Drilling, Software Development. Diharapkan kemampuannya di bidang teknologi bisa membawa negara ini menjadi lebih maju dibidang sumber daya minyak, namun takdir berkata lain, semoga Dr Archandra tetap berjaya di negara Paman Sam.

Pendidikan

  • SMP Negeri 13 Padang: 1983–1986
  • SMA Negeri 2 Padang: 1986–1989
  • ITB Teknik Mesin: 1989–1994
  • Texas A&M University Ocean Engineering: 1996–1998
  • Texas A&M Univeristy Ocean Engineering (Doctor of Philosophy): 1998–2001

Riwayat pekerjaan

  • Asisten Peneliti Offshore Technology Research Center: 1997–2001
  • Technical Advisor Noble Denton: 2000
  • Peneliti Technip Offshore: 2001–2006
  • Hydronynamics Lead FloaTec LLC: 2006–2007
  • Principal dan Presiden Asia Pasific AGR Deepwater Development System: 2007–2009
  • Principal Horton Wison Deepwater: 2009–2013
  • Presiden Petroneering: 2013–2016[8]
  • Menteri ESDM Indonesia: 27 Juli 2016–15 Agustus 2016
Seluruh profil dan biografi yang ada pada situs ini di sadur dari berbagai sumber. Kami berusaha untuk memberikan informasi yang disampaikan seakurat dan benar, Kami memohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, Mohon untuk menghubungi kami melalui halaman Hubungi Kami atau melalui kotak komentar yang tersedia.
Loading...

0 Komentar untuk "Biografi Archandra Tahar - Menteri dengan Masa Kerja Terpendek dalam Sejarah di Indonesia"

Post a Comment